Senin, 18 November 2013
Sabtu, 16 November 2013
Kamis, 07 November 2013
Pelatihan Teknis HR Contact
Ujung Tombak
Modernisasi Manajemen SDM
"BPR Restu Group"
"Saya berharap
bahwa pelatihan HR Contact ini sungguh-sungguh bermanfaat bagi kemajuan
manajemen sumber daya manusia di BPR Restu Group," demikian pesan yang
disampaikan oleh Ratnawati, SE selaku Ketua Dewan Komisaris pada BPR Restu
Group dalam pembukaan Pelatihan Teknis HR (Human Resources) Contact yang
dilaksanakan di Kantor Pusat PT BPR Restu Klepu Makmur, Bergas - Kabupaten
Semarang pada hari Jumat tanggal 1 Nopember 2013.
Pelatihan Teknis yang
dihadiri oleh seluruh HR Contact dari 9 BPR dan 7 Direktur / Direktur Utama BPR
ini membahas tentang sejarah peranan HR dalam dunia industri modern, sejarah HR
di BPR Restu Group, sampai dengan hal-hal teknis tentang Analisis Jabatan dan
Buku Panduan Manajemen SDM "BPR Restu Group".
"HR Contact pada
prakteknya adalah praktisi HR dalam level administrator & komunikator di
BPR masing-masing, yang bertugas mengelola data Sistem Informasi Manajemen di
bidang SDM dan membantu Direktur dalam bidang pengadministrasian HRIS di
masing-masing BPR," kata Ir. Constantinus, MM, praktisi psikologi industri
pada BPR Restu Group. "Atasan HR Contact adalah Direksi di masing-masing
BPR".
Rahmi Hardyastuti,
S.Psi dari Training Centre - BPR Restu Group menguraikan tentang proses
rekrutmen dan seleksi karyawan, termasuk tentang pengisian Surat Pernyataan
yang lebih dikenal dengan istilah Form Kotak-Kotak.
Sedangkan Franes
Pradusuara, S.Pt, M.Si juga dari Training Centre - BPR Restu Group menjelaskan
tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan promosi jabatan di
BPR Restu Group.
Di akhir Pelatihan
Teknis, para HR Contact diingatkan oleh para trainer untuk membuat
"pekerjaan rumah" yaitu Analisis Jabatan (Anajab) untuk setiap
jabatan di masing-masing BPR, dengan pengarahan dari Direksi masing-masing.
"Yang penting dibuat dulu. Kalau ada kesulitan, bisa di-email ke para
trainer untuk disempurnakan. Dengan demikian pada training lanjutan tanggal 15
Nopember 2013, tinggal melakukan finishing," jelas Constantinus yang tidak
lupa mengatakan bahwa pembuatan Anajab oleh masing-masing HR Contact BPR akan
membuat Anajab tersebut menjadi lebih cocok untuk dijalankan di masing-masing
BPR tersebut.
Pelatihan
Teknis dengan materi yang berbobot ini menjadi terasa ringan karena semua
materi dapat dipelajari oleh setiap peserta pelatihan yang membawa laptop
masing-masing. Penggunaan laptop oleh setiap peserta ini juga dalam rangka
mencanangkan prinsip bahwa HR Contact bekerja dengan teknologi tinggi supaya
efektif dan efisien.
Peserta
dalam kesan dan pesannya menyampaikan bahwa Pelatihan Teknis ini sangat
bermanfaat.
Sampai
jumpa di Pelatihan Teknis HR Contact hari Jumat tanggal 15 Nopember 2013.
Semoga
BPR Restu Group selalu tumbuh dan berkembang dalam berkat dan lindungan Tuhan
Yang Mahaesa.
===== Menambah Wawasan Profesional =====
Tulisan oleh Ir. Constantinus, MM.
Rabu, 06 November 2013
Sekilas Pandang tentang "HR Contact"
MELAYANI
SDM DENGAN BENAR
Ada sekian banyak buku dan
artikel tentang pentingnya sumber daya manusia dalam organisasi perusahaan.
Ironisnya, dalam praktek kerja sehari-hari ide-ide itu tidak ada perwujudannya
alias terlupakan.
"Tetapi tidak di BPR
Restu Group, di mana sumber daya manusia diperhatikan kinerjanya berdasarkan
fakta-fakta yang ada. Untuk itu, memang diperlukan proses pencatatan yang
ditail dan direkap pada setiap akhir bulan, sehingga dari bulan ke bulan,
karyawan mengetahui bagaimana penilaian manajemen atas dirinya," kata Ir.
Constantinus, MM kepada tim Majalah Dinding On Line "Media 1 Visi".
Praktisi Psikologi Industri
pada BPR Restu Group yang juga Ilmuwan Psikologi pada Himpunan Psikologi
Indonesia itu lebih lanjut mengatakan bahwa tujuan dibentuknya HR Contact pada
masing-masing BPR adalah untuk "membantu" masing-masing Direksi BPR
dalam mengelola sumber daya manusia, yaitu pada level "administratif"
(kontrak kerja, rekap penilaian karyawan, dan sejenisnya) serta sebagai
"komunikator rutin" antara Praktisi Psikologi Industri di BPR Restu
Group dengan setiap BPR. "Kalau hal-hal administratif kekaryawanan masih
ditangani oleh Direksi BPR, jelas kurang tepat karena Direksi BPR seharusnya
sudah berpikir pada tataran strategis, bukan tataran administratif," ujar
Constantinus.
Pelatihan Teknis HR
Contact
Lalu,
bagaimana dengan Pelatihan Teknis HR Contact ?
"Pelatihan Teknis HR Contact
dimaksudkan supaya setiap HR Contact di masing-masing BPR memiliki pemahaman
dan pengetahuan bahkan ketrampilan dan sikap yang standar dalam menjalankan
tugas sebagai HR Contact," jelas Constantinus. "HR Contact adalah
anak buah Direksi BPR, melapor kepada Direksi BPR, dan kinerjanya dinilai oleh
Direksi BPR masing-masing. Tetapi HR Contact harus punya sikap suka melayani dan mengembangkan orang
lain, selain suka mengembangkan dirinya sendiri. Ini adalah cikal bakal
dari organisasi pembelajar di BPR Restu Group".
Manfaat HR Contact
bagi Karyawan
Karena
tataran kerjanya di bidang "administratif" saja, maka HR Contact
memang bukan merupakan HRD dalam arti sepenuhnya di masing-masing BPR. Terlebih
lagi, semua HR Contact sebenarnya memiliki pekerjaan pokok yang lain dalam
operasional BPR. Tentang hal ini, Ir. Constantinus mengatakan bahwa manfaat
kehadiran HR Contact bagi karyawan dapat dirasakan dari kemampuan Direksi
memberikan rekap penilaian kinerja pada setiap akhir bulan yang mana hal
ini dapat terwujud karena Direksi mendapatkan "support data" dari HR
Contact. Selain itu, pengadministrasian kontrak kerja, pelatihan, promosi
jabatan juga menjadi lebih tertib dan berstandar karena dikelola secara terencana,
rutin, dan terus-menerus oleh para HR Contact di bawah bimbingan Direksi
BPR masing-masing.
Slogan
"Belajar Bersama - Selesai Bersama"
Program
perdana yang harus diselesaikan HR Contact di setiap BPR dalam BPR Restu Group
adalah meng-copy paste Job Desc "Lama" ke Form Anajab yang
baru. Program ini diharapkan sudah selesai pada tanggal 15 Nopember 2013, dan
siap digunakan sebagai Job Desc sekaligus Form Penilaian Kinerja sejak Januari
2014.
"Kalau
Form Anajab ini selesai, maka Direksi dan karyawan yang bersangkutan sama-sama
enak dan jelas tentang apa yang harus dikerjakan dan supaya mendapat nilai
Sangat Bagus harus mencapai hasil seperti apa," kata Direktur PT BPR Restu
Artha Makmur, Gunawan Pramodo, SE, Akt mengomentari tentang keunggulan dari
Form Anajab yang sedang digarap bersama oleh para HR Contact.
Toto
Wijatmiko, SE dan Yuni Mardiati, SE selaku Direksi PT BPR Artha Mukti Santosa
melihat bahwa Form Anajab ini memiliki kegunaan praktis karena hasilnya juga
dapat dikonversi ke poin-poin penilaian sebagai dasar penentuan jasa produksi
dan juga prosentase kenaikan gaji.
"Kegunaan sebagai dasar
penentuan jasa produksi dan prosentase kenaikan gaji ini akan besar manfaatnya
bagi kami yang memiliki karyawan 190 orang," ungkap Direksi PT BPR Restu
Klepu Makmur, Darusalam, SE dan Pujiyanto, A.Md.
"Saya sangat mendukung pada
penilaian yang dilakukan per bulan, sehingga apabila ada karyawan yang mendapat
hukuman berupa Teguran Lisan dengan Berita Acara, Surat Peringatan I, II, atau
III, maka karyawan itu benar-benar mendapatkan hukuman sesuai masa berlakunya,
tetapi setelah itu dia mendapatkan nilai yang baik lagi kalau memang kinerjanya
baik. Jadi, semuanya detail dan berdasarkan data," kata Direktur Utama PT
BPR Restu Artha Makmur Susilo Winarko, SH.
Tentu saja masih banyak lagi
kesan-kesan dan harapan yang ditumpukan pada para HR Contact dan program
perdananya yaitu Form Anajab. Semoga semua usaha dan niat baik ini berjalan
dengan baik dan lancar dalam berkat dan lindungan Tuhah Yang Mahaesa.
===== Memperluas Wawasan Profesional =====
Tulisan oleh : Tim Media 1 Visi.
Senin, 04 November 2013
PT BPR Restu Artha Makmur Out Bond Karimunjawa Oktober 2013
Out
Bond Karimunjawa
Untuk penyegaran dan meningkatkan
kekompakan team, maka PT BPR Restu Artha Makmur mengadakan kegiatan Out Bond ke
Karimun Jawa pada 26 – 27 Oktober 2013, adapun beberapa hasil dokumentasi yang
dapat kami upload adalah sebagai
berikut:
"Berpose di Pantai Tanjung Gelam, terlihat Bpk Susilo Winarko - DIRUT PT. BPR Restu Artha Makmur menggunakan baju warna orange cerah"
"Mas Agus asik Snorkling di Terumbu Karang Pulau Cemara Besar"
"Hari yang Cerah di Pantai Tanjung Gelam"
"Menunggu Surya Tenggelam di Pantai Tanjung Gelam"
"Surya Tenggelam di Tanjung Gelam"
By:
Franes Pradusuara
Special Thanks to:
Bp. Susilo Winarko, S.H
Direktur Utama PT. BPR Restu Artha Makmur
Bp. Gunawan Pramodo, S.E. Akt
Direktur PT. BPR Restu Artha Makmur
Bp. Ir. Constantinus, M.M
Bp. Ir. Constantinus, M.M
Dan
Seluruh Teman-teman
PT. BPR Restu Artha Makmur
Langganan:
Postingan (Atom)