Ujung Tombak
Modernisasi Manajemen SDM
"BPR Restu Group"
"Saya berharap
bahwa pelatihan HR Contact ini sungguh-sungguh bermanfaat bagi kemajuan
manajemen sumber daya manusia di BPR Restu Group," demikian pesan yang
disampaikan oleh Ratnawati, SE selaku Ketua Dewan Komisaris pada BPR Restu
Group dalam pembukaan Pelatihan Teknis HR (Human Resources) Contact yang
dilaksanakan di Kantor Pusat PT BPR Restu Klepu Makmur, Bergas - Kabupaten
Semarang pada hari Jumat tanggal 1 Nopember 2013.
Pelatihan Teknis yang
dihadiri oleh seluruh HR Contact dari 9 BPR dan 7 Direktur / Direktur Utama BPR
ini membahas tentang sejarah peranan HR dalam dunia industri modern, sejarah HR
di BPR Restu Group, sampai dengan hal-hal teknis tentang Analisis Jabatan dan
Buku Panduan Manajemen SDM "BPR Restu Group".
"HR Contact pada
prakteknya adalah praktisi HR dalam level administrator & komunikator di
BPR masing-masing, yang bertugas mengelola data Sistem Informasi Manajemen di
bidang SDM dan membantu Direktur dalam bidang pengadministrasian HRIS di
masing-masing BPR," kata Ir. Constantinus, MM, praktisi psikologi industri
pada BPR Restu Group. "Atasan HR Contact adalah Direksi di masing-masing
BPR".
Rahmi Hardyastuti,
S.Psi dari Training Centre - BPR Restu Group menguraikan tentang proses
rekrutmen dan seleksi karyawan, termasuk tentang pengisian Surat Pernyataan
yang lebih dikenal dengan istilah Form Kotak-Kotak.
Sedangkan Franes
Pradusuara, S.Pt, M.Si juga dari Training Centre - BPR Restu Group menjelaskan
tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan promosi jabatan di
BPR Restu Group.
Di akhir Pelatihan
Teknis, para HR Contact diingatkan oleh para trainer untuk membuat
"pekerjaan rumah" yaitu Analisis Jabatan (Anajab) untuk setiap
jabatan di masing-masing BPR, dengan pengarahan dari Direksi masing-masing.
"Yang penting dibuat dulu. Kalau ada kesulitan, bisa di-email ke para
trainer untuk disempurnakan. Dengan demikian pada training lanjutan tanggal 15
Nopember 2013, tinggal melakukan finishing," jelas Constantinus yang tidak
lupa mengatakan bahwa pembuatan Anajab oleh masing-masing HR Contact BPR akan
membuat Anajab tersebut menjadi lebih cocok untuk dijalankan di masing-masing
BPR tersebut.
Pelatihan
Teknis dengan materi yang berbobot ini menjadi terasa ringan karena semua
materi dapat dipelajari oleh setiap peserta pelatihan yang membawa laptop
masing-masing. Penggunaan laptop oleh setiap peserta ini juga dalam rangka
mencanangkan prinsip bahwa HR Contact bekerja dengan teknologi tinggi supaya
efektif dan efisien.
Peserta
dalam kesan dan pesannya menyampaikan bahwa Pelatihan Teknis ini sangat
bermanfaat.
Sampai
jumpa di Pelatihan Teknis HR Contact hari Jumat tanggal 15 Nopember 2013.
Semoga
BPR Restu Group selalu tumbuh dan berkembang dalam berkat dan lindungan Tuhan
Yang Mahaesa.
===== Menambah Wawasan Profesional =====
Tulisan oleh Ir. Constantinus, MM.