Jumat, 01 Februari 2013

Kesehatan




Mimpi Apa Aku Semalam……?


M
impi…..hmmmm, pastinya sahabat media1visi ngga pernah yang namanya melewatkan mimpi. Mimpi alias bunga tidur yang kadangkala menghiasi di setiap nyenyak tidur kita. Mimpi berkaitan erat dengan tidur. Terjadinya mimpi dan apa yang diimpikan kadangkala menjadi pertanyaan dan membuat sahabat media1visi penasaran, sehingga ada baiknya jika Kita mengetahui apa yang terjadi saat kita tidur


Setiap tertidur, umumnya kita pasti bermimpi. Dalam jangka waktu tidur 8 jam, rata-rata seseorang mengalami mimpi selama 100 menit. Hanya saja, kebanyakan dari mimpi yang terjadi tidak diingat. Ada sekitar 95% mimpi yang tidak diingat. Mimpi terjadi pada saat tidur REM (Rapid Eye Movement) dari suatu siklus tidur. Sedangkan mimpi yang kita ingat biasanya mimpi yang terjadi beberapa saat sebelum bangun dari tidur.
 

“Saya tadi malam bermimpi tentang pekerjaan” cerita salah satu rekan kerja saya.
“Mengapa saya bisa bermimpi seperti itu ya?” tanyanya kepada saya


S
ejenak sempat bertanya dalam hati kenapa bisa bermimpi seperti itu? Dari beberapa sumber yang menyebabkan kita mengalami mimpi adalah otak. Otak sebagai pusat dari aktivitas, otak selalu mendapat pesan dari pancaindera dan mengatur kegiatan apa yang akan dilakukan pada waktu tidak tidur. Misalnya otak menerjemahkan warna dinding coklat, otak membantu mengenali rasa dari makanan yang dimakan, dan masih banyak lagi berbagai peran lainnya dari otak.


P
ada saat tertidur, pancaindera dari tubuh Anda tidak bekerja, tetapi otak tetap bekerja, bahkan otak akan lebih aktif saat kita bermimpi daripada saat kita terbangun dan beraktivitas. Oleh karena itu, otak dapat menciptakan gambaran-gambaran berupa imajinasi tanpa ada peranan panca indera. Inilah mimpi. Uniknya, pada saat bermimpi, otot-otot dalam keadaan tidak aktif sehingga mencegah kita memerankan apa yang dialami dalam mimpi. Walaupun, mimpi tampak sangat nyata tetapi dengan tidak berfungsinya otot membantu agar kita tidak menciderai diri sendiri atau orang lain.
 
Nah ternyata rutinitas yang kita jalani juga dapat menyebabkan hal yang akan kita mimpikan. Misalnya, pekerjaan kantor yang berat membuat kita bermimpi tentang pekerjaan. Kadangkala, kita mendapatkan mimpi mengenai solusi dari persoalan yang dihadapi. Misalnya, kita bermimpi tentang jawaban suatu soal ujian. Hal ini merupakan bukti bahwa pada saat tidur, proses berpikir tetap dapat berlangsung.

Itulah sedikit ulasan mengenai mimpi. Ingin mimpi apakah Anda nanti malam? Silakan ciptakan mimpi Anda…..

“Selamat beristirahat…Selamat Bermimpi”

Salam media1visi

                                                                                                                         Daftar Pustaka; artikel kesehatan