Manajemen Waktu, Kunci Utama
Mencapai Sukses
Betapa seringnya kita mendengar
pepatah yang mengatakan 'Waktu Adalah Uang. Tapi sebenarnya berapa banyak diantara kita
yang benar-benar dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan
sebaik-baiknya? Sebenarnya, jika Anda ingin mengatur kehidupan Anda dan membuatnya
menyenangkan, sebagai permulaan yang Anda butuhkan
adalah mengatur waktu Anda. Tak perlu dipertanyakan lagi, pengaturan waktu yang
efektif merupakan hal mendasar untuk lingkup berbagai wilayah kehidupan. Pada
kenyataannya, seringkali terdapat perbedaan antara pencapai kehidupan sejati
dan orang-orang yang, meski sibuk, tak pernah sampai pada titik dimanapun.
Tak mengejutkan kalau dalam seluruhan
industri pengaturan waktu jadi sebuah kebutuhan. Tapi jika Anda meninjau lebih
dalam, Anda akan dapat melihat bahwa sebenarnya pengaturan waktu tak jauh beda
dengan manajeman diri. Karena pada kenyataanya, Anda tak dapat mengatur waktu,
tapi Anda dapat mengatur diri sendiri dan apa yang Anda lakukan dalam setiap
kesempatan.
Kebanyakan ahli sepakat bahwa sukses
merupakan hasil dari kebiasaan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan
adalah memperlancar bagaimana Anda menggumkan waktu, yakni dimulai dengan
kebiasaan Anda (kontrol diri). Dan kebiasaan ini dimulai sebagai pembuatan
keputusan secara sadar.
Sekali Anda bisa, seterusnya kebiasaan
bagus ini jadi hal alami. Dalam banyak kasus, sukses bukan dihasilkan dari hal yang tak
biasa, tapi lebih sebagai hasil dari kemampuan seseorang untuk 'menguasai
keduniawian'. Dengan konsisten menampilkan seluruh tugas penting yang belum
sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah jadi pencapaian besar.
Berikut beberapa aturan sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan
waktu yang lebih baik:
- Jangan Menangguhkan
Lakukan saat ini juga. Saat orang
menunda sesuatu, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan
menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang tersumbat. Cara
untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline untuk tujuan yang
harus dicapai. Menghindari deadline terakhir membawa penundaan yang diatur
tujuan sebagai perantara untuk mencapai setingkat demi setingkat menuju tujuan.
- Lacak Aktivitas Anda.
Memori adalah penuntun yang payah, jika ini berhubungan
dengan menetapkan bagaimana Anda melewatkan waktu Anda. Cara terbaik untuk merekam
aktivitas Anda sepanjang hari adalah dengan mendata apa yang Anda lakukan. Kebanyakan
orang akan menemukan kalau
mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat
digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisiean. Kurangi waktu
yang Anda gunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang
tak mengahasilkan apapun, dan batasi kegiatan-kegiatan yang tak penting.
- Berkonsentrasi Pada Hasil.
Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan
aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi
karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secara
efisien dan bekerja secara efektif. Aktivitas dapat memang kadang dapat membebaskan dari
tekanan tapi itu tak mencapai tujuan
Anda. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit preoritas 'utama' secara teratur. Anda dapat mencapai lebih banyak
hal dalam waktu singkat.
- Ingat Prisip 80/20.
20% kunci aktivitas Anda akan memberi Anda 80% dalam bentuk
hasil. Tujuan Anda adalah mengubah ini untuk memastikan kalau Anda berkonsentrasi
sebanyak usaha yang mungkin Anda lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.
- Gunakan Waktu Perjalanan Dengan Bijaksana.
Sangat mudah untuk mengabaikan waktu yang dilakukan untuk
menempuh perjalanan dalam penafsiran manajeman waktu. Pertimbangkan dengan hati-hati
apakah ini merupakan waktu yang sesuai dimana Anda dapat juga menggunakannya secara
lebih produktif. Sebagai contoh, jika Anda memilih naik bus atau kereta untuk menuju tempat
kerja, apakah ini menyediakan
kesempatan untuk membuat penggunaan waktu Anda jadi lebih baik? Atau jika Anda nyetir sendiri, apa Anda bisa
mendengarkan rekaman pendidikan
atau motivasional yang dapat membuat Anda memperbaiki
ketrampilan dan lebih produktif?
- Bangun Rancangan Aksi.
Sebuah rencana tindakan merupakan daftar pendek dari tugas
yang harus dilengkapi untuk mencapai sebuah tujuan. Ini beda dengan To Do list di mana
fokus utmanya adalah pencapaian tujuan, (dan langkah untuk mencapainya secara spesifik)
dari pada hanya membuat tujuan untuk dicapai dalam periode waktu. Kapanpun Anda ingin
mencapai sesuatu, buat gambaran gambalng dari rencana tindakan, ini akan memberi Anda kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada tahap pencapaian
itu, dan memonitor kemajuannya dalam perwujudan.
- Merespon Dengan Cepat.
Sebagai contoh, urus mail Anda begitu Anda menerima surat.
Jangan biarkan tagihan dan surat-surat itu membebani Anda. Jika Anda tak bisa membalas
sebuah surat saat itu juga, buat file di tempat khusus yang mudah dilihat, dan tuliskan di
amplop tindakan yang dibutuhkan serta tanggal dimana Anda dapat menyelesaikannya. Ketika
memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat Anda menerimanya. Jangan biarkan
komputer, meja dan pikiran Anda jadi bertumpuk dengan hal yang tak berguna.
- Bersikap Tegas
Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu Anda sangat
berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan Anda untuk
kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu Anda, matikan nada
dering telepon atau minta dengan terus terang agar Anda tidak diganggu.
- Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai.
Saat Anda mengatur waktu dan bisnis Anda, pastikan untuk
menyisihkan saat untuk bersantai. Tugas pertama Anda untuk dapat mengatur waktu dengan lebih
baik adalah membuat mendaftar seberapa banyak waktu yang Anda buang sia-sia
selama sehari, dari sana atur ulang aktivitas Anda untuk melakukan yang lebih maksimal dalam
setiap menit. Lebih dari segalanya,
berpegangteguhlah pada rencana Anda. Jadwal yang Anda buat
hanya dapat terlaksana dengan benar hanya jika Anda keukeh dengan itu. Nah, dengan
mengikuti tips ini kami harap Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan
hal-hal yang ingin Anda capai dalam hidup Anda.
===== Kaya Gambar, Kaya Makna, Kaya Berita =====
Pengirim dari Pembaca
editor team media1visi