Selasa, 04 Desember 2012

Ternyata Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan Itu Mudah!


 Akhir-akhir ini, Sahabat media1visi banyak yang jatuh sakit.. ada yang kena diare, meriang, masuk angin, sakit kepala… dan masih banyak lagi…

Memang akhir-akhir ini, kota semarang sedang memasuki musim pancarobah, sehingga kenaikan suhu dan penurunan suhu terjadi sangat exstrem..  hal itulah yang menyebabkan banyak sahabat media1visi yang terjangkit penyakit..

Dibawah ini, kami sajikan cara menjaga kesehatan saat musim hujan, sebagai berikut:

1.Sering mandi dengan air hangat.
Air hangat merangsang sirkulasi dan aliran darah. Manfaat lain, air hangat membuka pori, membuat tubuh lebih mudah dibersihkan. Uap air hangat diyakini bisa melegakan dahak. Sehingga mudah di keluarkan. 
2.Segera membersihkan tubuh dan baju setelah hujan-hujanan.
Memang malas yah, kalo pulang kerja turun hujan.  Mungkin ada sebagian yang menunggu hujan reda terlebih dahulu, namun ada juga yang memaksa untuk segera pulang. Nah, yang perlu di ingat apabila sudah sampai rumah.  Segeralah membersihkan badan (mandi) menggunakan sabun antiseptic terpercaya.

3.Cuci tangan pakai sabun.
Cuci tangan berkorelasi kuat terhadap penyakit sampai 46 persen. Korelasi cuci tangan dengan penyakit di Indonesia bahkan mencapai 56 persen. Kasus diare dan flu menurun saat responden cuci tangan pakai sabun.  Hal ini perlu diingat bahwa kuman penyakit menempel bebas di peralatan umum, missal di telpon kantor, pensil, meja, kursi, toilet dan banyak lagi.

4. Lebih sering menggunakan baju hangat atau jaket.
Mengingat perubahan suhu yang extreme, maka di sarankan untuk selalu menggunakan baju hangat atau jaket, sehingga tubuh kita tidak akan bereaksi berlebihan terhadap perubahan suhu lingkungan.

5. Hindarkan kepala dari air hujan, gunakan payung.
Kepala adalah bagian terpenting dari tubuh, karena berhubungan dengan pusat syaraf koordinasi yaitu otak.  Apabila kepala kita terkena air hujan, segeralah keringkan dengan handuk yang bersih, sehingga kepala kita menjadi kering kembali.  Kepala yang lembab karena air hujan dapat memicu sakit kepala, karena disebabkan suhu dingin yang mempengaruhi kerja syaraf di otak.

6. Pastikan lantai rumah selalu kering. Ini sebagai langkah preventif menghindari trauma.
Pada musim hujan saat ini, pastikan teras rumah anda dalam keadaan terawat.  Jangan sampai ditumbuhi lumut, sehingga kehujanan sedikit saja menjadi licin dan membahayakan si kecil yang masih belajar jalan.

Ternyata menjaga kesehatan di musim hujan itu mudah, ya? “Tambahan dari saya untuk para ibu. Menjaga kesehatan jangan hanya dilakukan di musim penghujan. Cucilah tangan Anda sebelum mengolah makanan, sebelum mengurus bayi dan menyusui, atau setelah bersentuhan dengan hewan”.

   
===== Kaya Gambar, Kaya Makna, Kaya Berita ===== 
 
Penulis:
Franes Pradusuara
 
Editor team media1visi