Rabu, 12 Desember 2012

TRAINING KEPEMIMPINAN.....



TRAINING KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI BERSAMA PSIKOLOG

D
alam rangka meningkatkan kualitas SDM yang merupakan para pemimpin dan juga kader pemimpin di masa depan, PT BPR Restu Klepu Makmur bekerja sama dengan PT BPR Restu Artha Makmur mengadakan Training Pengembangan Kepemimpinan dan Komunikasi bersama Psikolog Dra. Probowatie Tjondronegoro, M.Si. Acara yang diikuti oleh 10 orang karyawan PT. BPR RKM dan 10 orang karyawan PT BPR RAM ini dilaksanakan tanggal 9 Desember 2012 selama sehari penuh.

"Ini merupakan pelatihan teknis, sehingga peserta dibatasi maksimal 20 orang saja. Trainer merupakan psikolog berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi yang membawa Tim Psikologi terdiri dari 4 orang, sehingga total ada 5 orang. Perbandingan Tim Pelatih dengan peserta adalah 1 : 4, sehingga setiap peserta mendapatkan perhatian yang besar," jelas Ir. Constantinus, MM selaku Praktisi Psikologi Industri pada BPR Restu Group.

P
elatihan dibuka oleh Direktur PT BPR Restu Klepu Makmur Pujianto, A.Md dan dilanjutkan dengan Standar Kepemimpinan pada BPR Restu Group oleh Ir. Constantinus, MM.

"Sebagaimana pernah saya sampaikan dalam acara pelatihan di Hotel Lor In di Surakarta pada Juli 2010, para pemimpin BPR Restu Group harus selalu mengedepankan usaha nyata untuk mewujudkan Keunggulan Bersaing dan Kaderisasi. Untuk itu, para pemimpin harus bisa menggerakkan anak buahnya, harus bisa menilai anak buahnya, dan harus biaa melatih Tim Kecil yang dipimpinnya," ungkap Ir. Constantinus, MM di hadapan para peserta.

Psikolog Probowatie melatih peserta untuk mengenali tipe kepribadian, kecerdasan emosional, dan juga gaya kepemimpinan.

"Tidak orang yang sempurna. Dan dengan mengetahui hasil pengukuran tentang Siapakah Aku Ini, diharapkan peserta terpacu untuk merubah diri supaya dapat menjalankan tugas sebagai pemimpin dan kader pemimpin di BPR Restu Group" ungkap Psikolog Probowatie Tjondronegoro.

Di akhir pelatihan, psikolog yang bekerja sebagai Humas / Handling Complain sekaligus Psikolog Rumah Sakit Elisabeth Semarang ini mengajak seluruh peserta untuk melalukan relaksasi bersama.

Kesan-kesan yang diwakili oleh Parwoto (PT BPR RKM Cabang Purworejo), Kukuh (PT BPR RKM Boyolali), Sri Handayani (PT BPR RKM Cabang Utama), dan Eko Wiwoho (PT BPR Restu Atha Makmur Pusat) pada intinya mengungkapkan tentang pengalaman dan sudut pandang baru yang diperoleh secara teknis dan dirasakan bermanfaat untuk mengembangkan diri sebagai pemimpin.

Pelatihan ditutup oleh Direktur PT BPR Restu Artha Makmur Gunawan Pramodo, SE, Akt.

"Semoga apa yang didapat selama pelatihan ini dapat diterapkan dalam memimpin dan berkomunikasi dengan anak buah di pekerjaan sehari-hari, dan semoga pelatihan teknis dengan sistem kelas kecil seperti ini dapat dilanjutkan dalam masa-masa mendatang," kata Gunawan.

===== Kaya Gambar, Kaya Makna, Kaya Berita =====

Tulisan oleh Ir. Constantinus, MM.

Foto oleh Harri Eko Wardono, S.Kom dan Franes Pradusuara, S.Pt, M.Si.
Editor team media1visi