Kamis, 20 September 2012

CSR : ..." BERIKAN KAIL..."

“ Beri Kail Bukan Beri Ikan……”

Gambar Aktivitas CSR BPR Restu Group 
C
orporate Social Responsibility atau disingkat CSR adalah suatu konsep yang dikampanyekan oleh perusahaan terhadap peningkatan kepekaan dan kepedulian lingkungan untuk kelangsungan bisnis dan membangun legitimasi sosial perusahaan.
“Apabila bisnis kita ingin sukses dalam jangka panjang, maka kita harus mampu menciptakan manfaat yang tidak hanya berguna bagi para pemegang saham melainkan juga bagi masyarakat sekitarnya. Hal tersebut yang menjadikan CSR sebagai bagian dari strategi Santosa Group dan Restu Group.”  Tandas Direktur Utama Santosa Group dan BPR Restu Group, Santoso Sugiarto.

Beliau juga mengungkapkan bahwa Program CSR yang digulirkan ini selain memberikan stimulasi kepada orang lain juga bertujuan untuk memberikan manfaat baik bagi konsumen, mitrabisnis, karyawan, pemerintah, masyarakat, maupun memberikan keuntungan bagi perusahaan dan investor.

“ Strategi CSR Santosa Group dan BPR Restu Group sementara ini masih dilaksanakan pada aspek yang memberi manfaat langsung dan nyata kepada masyarakat. Kami berusaha terus untuk mendapatkan pola mekanisme penyaluran program CSR yang efektif, efisien dan tepat sasaran, tentu saja diimbangi dengan pola mekanisme pengawasan dan evaluasi program penyaluran. Adapun bentuk CSR tersebut berupa penyaluran sembako, pemberian pakaian pantas pakai dan pemberian santunan kepada kaum dhuafa dan fakir miskin serta orang-orang jompo. Kegiatan tersebut sudah berjalan selama 5 tahun yang dilaksanakan secara rutin menjelang bulan Ramadhan dan melibatkan beberapa karyawan,”  Ungkap sekretaris korporat, Sdri. Ariana.

 “ Kami juga berusaha memberikan paradigma baru yaitu memberi kail bukan memberi ikan, yang berarti kami memberikan modal untuk diolah bukan memberi hasil yang langsung dinikmati.” tambahnya.  
Sehubungan dengan paradigma CSR memberi kail bukan memberi ikan, Dirut Santosa Group yang sekaligus Dirut BPR Restu Group juga menjelaskan bahwa ada beberapa program yang masih dikaji antara lain: pemberian bibit tanaman bagi mereka yang mempunyai lahan, pemberian pelatihan kepada SDM, pemberian beasiswa bagi anak yang berprestasi, pemberian pinjaman bergulir kepada kelompok wirausaha dengan akses mudah dan jasa ringan, dan juga pemberdayaan lainnya yang masih dalam pengkajian. Dengan adanya program tersebut diharapkan akan diperoleh manfaat yang lebih berkesinambungan.

Don’t try to be perfect. Do try to be better!
SantosoSugiarto

========== Karya Gambar, Kaya Makna, Kaya Berita ==========