Selasa, 25 September 2012

SECANGKIR TEH BERSAMA RESTU GROUP


SERIAL “SERBA-SERBI ISO RKM 2012 – Part 1”
(WAWANCARA DENGAN DARUSALAM, SE – DIREKTUR UTAMA
PT BPR RESTU KLEPU MAKMUR)

Direktur Utama PT. BPR Restu Klepu Makmur
Darusalam, SE

K
etika kita mendengar kata ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu, yang ada dalam pikiran kita terfokus pada setumpuk dokumen dan sebundel tugas yang bersifat paper work, bekerja menghabiskan waktu di belakang meja sambil tak henti-hentinya mengupdate data-data lapangan dan menginputnya kedalam tabel-tabel excel yang membuat kita jenuh, malas melanjutkan dan “bête”.  Begitulah gambaran yang selama ini ada di benak kebanyakan praktisi perusahaan, namun sesungguhnya benarkah anggapan itu? Atau hanya karena kesalahan persepsi orang saja? Baiklah, dalam catatan ringan ini kami akan mencoba sedikit mengurai benang kusut persepsi yang berkembang selama ini tentang ISO 9001, semoga bisa memberikan gambaran yang ringkas agar semangat implementasi ISO  9001 bisa sejalan dengan apa yang diinginkan standard ini.  Informasi ini didapat dari hasil wawancara kami bersama Bpk Darusalam, SE selaku Direktur Utama PT. BPR Restu Klepu Makmur.  Adapun hasil wawancara tersebut kami tuangkan kedalam tulisan berupa tanya jawab seputar ISO 9001 : 2008 supaya lebih difahami pembaca media1visi.
  
RKM SEKARANG INI SEDANG MENJALANKAN PROSES SERTIFIKASI ISO. BISA DIJELASKAN APA ITU ISO ? 
  •  ISO adalah kepanjangan dari International Organization for Standardization
  • ISO adalah standar yang sifatnya internasional.
  • Perusahaan yang sudah memiliki Sertifikat ISO berarti sudah memiliki standar internasional di bidang proses dan pelayanan mutu.
BISA DIJELASKAN JENIS SERTIFIKAT ISO YANG AKAN DIAMBIL ? 
  •  ISO 9001 : 2008
  • Ini adalah standar 9001 yang terbaru, yaitu versi 2008. 
  • ISO standar 9001 adalah untuk standardisasi Sistem Manajemen Mutu  
APA YANG MENJADI LATAR BELAKANG RKM AKAN MENGAMBIL SERTIFIKASI ISO INI ? 
  •  Mendukung standarisasi operasional untuk meningkatkan kualitas manajemen mutu.
  •  Tujuan akhir : mewujudkan kepuasan nasabah.
 SEJAK KAPAN PROSES PERSIAPAN SERTIFIKASI MULAI DILAKUKAN ?
  • Kick off ISO mulai dilaksanakan tanggal 11 September 2012
  • Dihadiri oleh Konsultan ISO dari PROXSIS Jakarta
  • Dari RKM : Komisaris, Direksi, Kepala Cabang, Manajer, SPI
SAMPAI KAPAN PROSES INI AKAN DIJALANKAN ? 
  •  Proses ini  terbagi menjadi 4 bagian
  • Kurang lebih memerlukan waktu 5 bulan
·        Bagian I :
o   Komitmen Manajemen
o   Penunjukan Wakil Manajemen
o   Pelatihan dan Pemahaman bagi Manajemen dan Karyawan
o   Pembentukan Tim ISO
·       Bagian II :
o   Pemetaan Proses (Inti dan Pendukung)
o   Analisis Proses (Inti dan Pendukung)
o   Analisis Gap / Kesenjangan
o   Penyusunan Aturan untuk Sistem  Manajemen Mutu
o   Penyusunan Prosedur  Lain yang Dibutuhkan untuk Sistem
    Manajemen Mutu
o   Penetapan Sasaran Mutu
o   Penyusunan Dokumen
o   Penyusunan Prosedur Pengendalian Dokumen
o   Penyusunan Prosedur untuk Pengendalian Rekaman
o   Sosialisasi Dokumen ISO
·       Bagian III :
o   Penerapan Dokumen
o   Pengendalian Rekaman
·       Bagian IV :
o   Audit Mutu Internal
o   Pelatihan Audit Mutu Internal
o   Pelaksanaan Audit Mutu Internal
o   Tindakan Koreksi Audit Mutu Internal
o   Tinjauan Manajemen
o   Sertifikat ISO 9001 : 2008

SAAT INI SUDAH SAMPAI PADA BAGIAN YANG MANA ?
  • Saat ini sudah sampai pada Tahap Penyusunan Prosedur untuk Pengendalian Rekaman
  • Dengan demikian sudah masuk ke Bagian II langkah ke-9 
APA YANG PENTING DALAM PROSES PENERAPAN ISO INI ?
  • Yang paling penting adalah komitmen dan kemauan dari manajemen.
  • Karena komitmen ini merupakan syarat utama dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008.
  • Karena proses ini menyangkut banyak pengaturan, dan pengaturan itu hanya efektif apabila didukung oleh semua manajemen di level bawah sampai level atas, maka semua level manajemen itu tanpa kecuali harus mendukung secara penuh.
ADA BERAPA BPR YANG SUDAH MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU INI?
  • Setahu saya baru ada satu BPR di Jawa Barat.
  • Dengan demikian RKM menjadi pelopor BPR ber-Sertifikat ISO di Jawa Tengah
APAKAH INI JUGA MERUPAKAN KOMITMEN BPR RKM UNTUK SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK KEPADA NASABAHNYA ?
  • Perusahaan RKM sudah saat ini sudah memiliki 6 kantor di berbagai kota di Jawa Tengah.
  • Sertifikasi ISO dimaksudkan supaya mutu proses dan layanan di semua kantor selalu terjamin dengan baik.
  • Mendapatkan Sertifikat ISO yang berstandar internasional memang membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh, dan ini memang dilakukan oleh RKM karena RKM ingin lebih baik dan lebih maju dalam melayani nasabah.
       
Demikianlah hasil wawancara  mengenai  perkembangan  serba-serbi  ISO RKM 2012 – part 1 yang dapat kami sampaikan, nantikan serial wawancara selanjutnya minggu depan.


 ===== Kaya Gambar, Kaya Makna, Kaya Berita =====

Penulis: Ir Constantinus, MM
Sumber : Darusalam, SE – Direktur BPR Restu Klepu Makmur