Jumat, 13 September 2013

Pelatihan AO



























"40 AO BARU....JADILAH PEMENANG"
Basic Training for Account Officer - Angkatan I  
September 2013

Bertempat di Kantor Pusat PT BPR Restu Klepu Makmur di Kabupaten Semarang, pada hari Kamis tanggal 12 September 2013 telah dilaksanakan Basic Traning for Account Officer BPR Restu Group dengan jumlah peserta 40 orang dari berbagai BPR dalam BPR Restu Group di seluruh wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fransiscus Widarto Subagio, SE mengawal pelatihan dengan memberikan materi tentang Selling Skill. Komisaris pada BPR Restu Group yang sebelumnya mengawal karir sebagai Account Officer dengan predikat terbaik hingga menduduki jabatan Deputy Funding, Credit Card, and Feebased Income di Bank Mega ini menyampaikan materi dengan penuh semangat tentang hal-hal yang praktis, sehingga seluruh peserta menyimak dengan sangat antusias. "Semua orang harus yakin bahwa dia bisa menjadi pemenang," kata Widarto.

Setelah istirahat siang, peserta mendapatkan materi tentang produk kredit BPR Restu Group dari Abdul Ghoni, S.Ag. Ghoni yang mengawali karir sebagai Account Officer sehingga akhirnya menjadi Supervisor Marketing dan Manajer Marketing di PT BPR Restu Artha Makmur di Kota Semarang ini membeberkan semua hal praktis yang harus dilakukan di lapangan dalam rangka menjual produk, dengan tetap memegang teguh Budaya Kerja Tanpa Amplop. "Artinya, jangan sekali-kali menerima uang suap atau tanda terima kasih dalam bentuk apapun, karena akan memberikan akibat tidak baik bagi seorang Account Officer," kata Abdul Ghoni.

Hadir dalam Basic Training for Account Officer - Angkatan I / September 2013 ini Ratnawati, SE mewakili Dewan Komisaris BPR Restu Group. "Kalian beruntung mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan ini, sebab pelatihan ini memberikan bekal yang komplit untuk seorang Account Officer. Semoga dengan pelatihan ini, kalian menjadi lebih bersemangat dan dapat mencapai prestasi yang baik," kata Ratnawati kepada para peserta.

Darusalam, SE yang menjadi pemberi materi setelah Abdul Ghoni menjelaskan tentang analisis keuangan calon nasabah dalam rangka memproses pengajuan kredit. Mantan bankir Bank Dagang Nasional Indonesia di Jakarta yang kemudian pernah menjadi Direktur Utama PT BPR Artha Mukti Santosa sampai akhirnya sekarang ini menjadi Direktur Utama PT BPR Restu Klepu Makmur di Kabupaten Semarang ini mengatakan bahwa seorang Account Officer harus berpikir logis dalam melakukan analisis keuangan calon nasabah. "Setiap pemasukan yang dimiliki calon nasabah kredit atau calon debitur harus jelas dari mana asalnya. Kalau tidak jelas, harus ditanyakan kepada calon debitur," kata Darusalam.

Pada sesi terakhir, Ir. Constantinus, MM memberikan materi tentang Budaya Kerja dan Jenjang Karir di BPR Restu Group. Mantan bankir pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang saat ini menjadi salah satu Komisaris di BPR Restu Group dan juga Praktisi Psikologi Industri (Anggota Himpunan Psikologi Indonesia) ini mengatakan bahwa ada dua hal yang layak disyukuri oleh para Account Officer di BPR Restu Group, sehingga seharusnya membuat para Account Officer bersemangat untuk bekerja menjadi yang terbaik. "Pertama, BPR Restu Group adalah perusahaan yang secara permodalan baik dan kuat, dalam arti mampu memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan Pemerintah lewat Bank Indonesia. Kedua, BPR Restu Group memiliki Budaya Kerja dan menyediakan Jenjang Karir bagi karyawannya, sehingga karyawan yang prestasi, dedikasi / loyalitas, dan kepemimpinannya baik memiliki kesempatan yang luas untuk menjadi supervisor, manajaer, bahkan direksi. Dan ini semua sudah ada terbukti berjalan di BPR Restu Group," kata Constantinus.

Acara yang dimulai pada pukul 08.30 ini ditutup pada pukul 17.00 oleh moderator pelatihan Franes Pradusuara, S.Pt, M.Si dan asisten moderator Rahmi Herdyastuti, S.Psi.

Selamat menjalankan tugas pekerjaan sebagai Account Officer dengan bekal Basic Training for Account Officer ! Selamat berjuang dan menjadi pemenang !

Semoga kita semua selalu dalam berkat dan lindungan Tuhan Yang Mahaesa. Amin.

===== Kaya Gambar, Kaya Makna, Kaya Berita =====
Foto oleh Tim Media 1 Visi.
Tulisan oleh Ir. Constantinus, MM.