Rabu, 28 November 2012

Apa Pentingnya Berdoa Sebelum Bekerja??




Ketika kita masih kecil, mungkin kita masih ingat ketika Ibu meminta kita untuk berdoa sebelum makan, atau sebelum tidur.  Sekarang, saat kita dewasa, sudah bekerja dan jauh dari  orang tua… siapa yang mengingatkan untuk berdoa saat kita mulai bekerja.
Apa pentingnya kita berdoa sebelum bekerja??

1. Doa mencerminkan rasa syukur pada pekerjaan. Pekerjaan yang kita miliki adalah anugerah. Namun, kita sering tidak menyadarinya. Maka patutlah jika kita mensyukurinya. Doa itulah ungkapan rasa syukur kita. Mulai sekarang, sebelum bekerja, biasakanlah untuk berdoa, dan katakanlah;”Tuhan, terimakasih telah Engkau berikan anugerah pekerjaan ini kepadaku. Izinkan hamba untuk merengkuh hidup dan meraih nafkahmu melalui pekerjaan hari ini.” 

2. Doa melindungi kita dari rasa kecewa. Ketika berdoa, kita menyerahkan segala urusan kepada Sang Maha Pengurus. Itu berarti kita berkomitmen untuk menerima apapun yang diputuskan olehNya untuk diri kita. Maka jika selama bekerja hari itu, ada sesuatu yang mengecewakan hati, kita akan tetap menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada. Melalui doa itu, kita menunjukkan kepada Tuhan bahwa kita selalu mengingatNya. Dan dengan doa itu, hati kita terlindung dari rasa kecewa. 

3. Doa menumbuhkan semangat untuk melayani. Tidak masalah jenis pekerjaan apapun yang Anda tangani. Sales, finance, HR, manufacturing, marketing, legal, apapun. Semua pekerjaan yang berbeda-beda itu mempunyai inti fungsi yang sama, yaitu; melayani. Pekerjaan kita adalah melayani orang lain. Doa yang kita panjatkan tadi itu, merupakan komitmen kepada Tuhan bahwa kita akan mengerjakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Karena Anda sudah berkomitmen kepada Tuhan, untuk memperlakukan mereka sebaik mungkin. Maka pantas, jika Tuhan pun memperlakukan Anda dengan sebaik-baiknya.

4. Doa menghalangi kita dari perbuatan tercela. Tidak masalah, apapun keyakinan atau agama Anda. Satu hal yang saya percaya; Tuhan kita adalah sama. Karena tidak ada Tuhan lain selain Dia. Tuhan yang kita yakini ini tidak pernah menyukai perbuatan tercela. Doa yang pagi tadi kita panjatkan, menghalangi kita dari perbuatan tercela. Mengapa? Karena kita akan merasa malu jika menodai niat baik untuk bekerja dihadapan Tuhan itu, dengan perilaku buruk ditempat kerja. Atau perbuatan-perbuatan nista lainnya di di jam kerja. 

5. Doa menjadikan pekerjaan kita bernilai ibadah. Berapa banyak gaji yang Anda terima? Tidak peduli sebanyak apapun itu, tapi belum tentu sepadan dengan pengorbanan yang Anda berikan. Waktu Anda yang tersita. Kepentingan keluarga Anda yang dinomorduakan. Perasaan dan gengsi Anda yang dikorbankan. Bahkan sampai resiko kematian. Semua sudah Anda pertaruhkan. Kata Guru saya “orang yang bekerja dengan ikhlas dan meniatkannya untuk beribadah pada hakekatnya sedang berjuang di jalan tuhan. Bahkan jika sampai mereka meninggal karena bekerja, mereka dijamin mendapatkan kebaikan disisi tuhan. Sungguh, doa yang kita panjatkan setiap pagi sebelum bekerja menjadikan segala sesuatunya bernilai ibadah.

6. Dengan Berdoa, Mengingatkan Kita Bahwa Semuanya tak ada yang Abadi.  Dengan berdoa setiap hari, kita seharusnya sadar bahwa setiap orang memiliki jalan hidupnya sendiri-sendiri, dan pekerjaan yang sedang kita jalani hanyalah titipan belaka.  Dan seyogyanya barang titipan, jika diambil pemiliknya kita tidak boleh menahannya.  Terus berdoa dan berusaha secara maksimal, adalah sebuah cara untuk terus berkembang dalam karir dan kehidupan.




===== Kaya Gambar, Kaya Makna, Kaya Berita ===== 
 
Penulis:
Franes Pradusuara
 
Editor team media1visi